Selasa, 25 Juli 2017 - 20:39:08 WIB

5 PRINSIP MEMBANGUN PESANTREN (1)

Diposting oleh : admin elkisi
Kategori: Umum - Dibaca: 154 kali

PRINSIP PERTAMA

JADILAH ORANG YANG BERMANFAAT

 

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.”

Jika ingin menjadi manusia yang terbaik maka jadilah orang yang bermanfaat. Keberadaan kita di tengah-tengah masyarakat harus bermanfaat bagi masyarakat. Orang terkadang hanya pandai mengambil manfaat tetapi tidak pandai memberi manfaat. 

Keberadaan eLKISI harus jelas manfaatnya bagi masyarakat dan ummat. Sebagai lembaga pendidikan pesantren eLKISI merasa mempunyai kewajiban untuk ikut andil membantu masyarakat dan pemerintah dalam rangka menyukseskan wajar dua belas tahun dan sekaligus menyiapkan kader-kader da’wah yang berkualitas yang siap mengemban amanah da’wah dengan hikmah di tengah-tengah masyarakat yang mejemuk.  Bahkan sekitar 23,6 % dari seluruh santri yang mondok di eLKISI mereka mendapatkan dispensasi beaya pendidikan selama mondok.

Pesantren eLKISI telah mengirimkan santri-santrinya ke berbagai daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  yang kita cintai ini selama sebulan Ramadhan untuk melakukan kegiatan Praktek Da’wah Ramadhan (PDR).

Sebagai lembaga yang mempunyai motto Peduli Sosial dan Keummatan, eLKISI terlibat langsung dalam aksi kegiatan kemanusiaan untuk membantu korban bencana alam di negeri kita mulai dari Tsunami Aceh sampai musibah banjir Bima. Tidak hanya itu, setiap bulan eLKISI mengeluarkan beras satu ton dan sembako lainnya untuk warga sekitar pesantren, khususnya warga yang tidak mampu. Ketika terjadi erupsi gunung Kelud, eLKISI bersama dengan jama’ah dari masjid Al Huda Sumberagung Badas hampir sebulan penuh mengurus korban bencana di desa Puncu kecamatan Puncu kabupaten Kediri. Rumah-rumah warga yang genting rumahnya sudah rusak parah kita carikan pengganti dan sekaligus memasangnya.

eLKISI mempunyai program bedah rumah. Hingga saat ini telah membuatkan beberapa rumah untuk warga yang tidak mampu di sekitar pondok mulai dari pondasi sampai selesai. Bahkan eLKISI membantu program TNI, dalam hal ini Koramil Pungging untuk membedah sembilan rumah warga di dua desa; Mojodadi Purworejo dan Kemuning Mojorejo. 

Jika keberadaan kita dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, maka masyarakatpun juga ingin memberikan manfaat kepada kita. Saling membantu, saling menolong, saling meringankan beban kepada sesama adalah cermin dari pribadi-pribadi yang bermanfaat. Orang yang ilmunya manfaat akan dirasakan oleh dirinya dan orang lain manfaatnya. Sekali lagi, Jadilah orang yang BERMANFAAT!




Isi Komentar :
  • SMA eLKISI in syaa Alloh akan diakreditasi 18-25 September 2017, semoga sukses
  • 289 Siswa-Siswi SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo adakan Home Stay dan Arabic Camp di Pondok eLKISI selama
  • Update Donasi eLKISI PEDULI ROHINGYA 13 September 2017, adalah Rp. 203.717.900,-

027627

Pengunjung hari ini : 69
Total pengunjung : 7907
Hits hari ini : 204
Total Hits : 27627
Pengunjung Online : 2