Selasa, 26 September 2017 - 10:33:16 WIB

Adab Makan dan Minum

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hadits - Dibaca: 91 kali

HADITS KE-1
Perintah Menyebut Nama Allah Sebelum Makan

عَنْ عُمَرَ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : يَا غُلَامُ، سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيْكَ

Dari Umar bin Abu Salamah radliallahu anhu berkata; Rasulullah bersabda: “Bacalah Bismilillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan dari apa-apa yang dekat denganmu”. (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)

FAIDAH HADITS
1. Menjelaskan bagaimana seharusnya seorang muslim saat makan.
2. Adab-adab makan di antaranya, membaca “bismillah” saat mau makan dan mengambil makanan yang paling dekat.

---------------------------

HADITS KE-2
Makan dengan Tangan Kiri adalah Bentuk Kesombongan

عَنْ إِيَاسِ بْنِ سَلَمَةَ بْنِ الْأَكْوَعِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ: أَنَّ رَجُلًا أَكَلَ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم بِشِمَالِهِ فَقَالَ: كُلْ بِيَمِينِكَ، قَالَ: لَا أَسْتَطِيعُ، قَالَ: لَا اسْتَطَعْتَ، مَا مَنَعَهُ إِلَّا الْكِبْرُ، قَالَ: فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ 

Dari Iyas bin Salamah bin Al Akwa radliallahu anhu; Bapaknya telah menceritakan kepadanya, bahwa seorang laki-laki makan di samping Rasulullah dengan tangan kirinya, lalu Rasulullah bersabda: "Makanlah dengan tangan kananmu! Dia menjawab; Aku tidak bisa. Beliau bersabda: "Apakah kamu tidak bisa?" -dia menolaknya karena sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya. (Hadits riwayat Muslim)

FAIDAH HADITS
1. Perintah makan dan minum dengan tangan kanan.
2. Larangan makan dan minum dengan tangan kiri.
3. Makan dan minum dengan tangan kiri adalah salah satu bentuk kesombongan. Karena hakikat sombong adalah menolak/menentang perintah Nabi.

-------------------------

HADITS KE-3
Setan Makan dan Minum dengan Tangan Kiri

عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: لَا تَأْكُلُوا بِالشِّمَالِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِالشِّمَالِ

Dari Jabir radliallahu anhu dari Rasulullah, beliau bersabda: "Janganlah kamu makan dengan tangan kiri, sebab setan makan dengan tangan kiri. (Hadits riwayat Muslim)

FAIDAH HADITS
1. Larangan makan dan minum dengan tangan kiri.
2. Makan-minum dengan tangan kiri adalah perilaku tasyabbuh (menyerupai) dengan syaitan.
3. Syaitan makan dan minum dengan tangan kiri.

----------------------------------

HADITS KE-4
Yang dibaca Bila Lupa Berdoa Sebelum Makan

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ، فَإِنْ نَسِيَ فِي أَوَّلِهِ، فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Dari Aisyah radliallahu anha ia berkata; Rasulullah bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian memakan makanan, maka ucapkanlah, Bismillah (Dengan menyebut nama Allah). Dan jika ia lupa (mengucapkannya) di awal, maka hendaklah ia mengucapkan: Bismillahi Fi Awwalihi Wa Akhirihi (Dengan menyebut Nama Allah, di awal dan di akhirnya)." (Hadits riwayat Abu Daud dan Tirmidzi)

FAIDAH HADITS
1. Perintah bertasmiyah atau membaca “bismillah” jika akan makan.
2. Jika terlupa membaca “bismillah” saat akan makan, maka diperintahkan membaca “bismillahi fii awwalihi wa akhirihi” saat teringat.

---------------------------------

HADITS KE-5
Larangan minum sambil berdiri

عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: لَا يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا

Dari Ali radliallahu anhu, ia berkata: Rasulullah bersabda: "Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri." (Hadits riwayat Muslim)

HADITS KE-6
Perintah Makan Dan Minum Dengan Tangan Kanan

عَنِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ، فَإِنَّ اَلشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

Dari Ibnu Umar radliallahu anhu bahwa Rasulullahbersabda: "Apabila seseorang di antara kalian makan hendaknya ia makan dengan tangan kanan dan minum hendaknya ia minum dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya." (Hadits riwayat Muslim).

FAIDAH HADITS
1. Larangan minum sambil berdiri, terlebih lagi saat makan.
2. Secara medis, minum sambil berdiri tidaklah membawa akibat kecuali keburukan pada kesehatan.
3. Dalam kaidah agama Islam, setiap larangan berkonsekwensi pada madhorot dan mafsadah (kerusakan) yang ditimbulkan, sebagaimana anjuran dan perintah berkonsekwensi pada munculnya maslahah (kebaikan).

----------------------------

HADITS KE-7
Doa Sesudah Makan

عَنْ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: مَنْ أَكَلَ طَعَامًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ، غُفِرَلَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Dari Muadz bin Anas radliallahu anhu dari ayahnya, ia berkata; Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: Al Hamdulillaahil ladzii Ath-amanii Haadzaa Wa Razaqaniihi Min Ghairi Haulin Minnii Wa Laa Quwwatin (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku minum ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku) maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (Hadits riwayat Abu Daud dan Tirmidzi)

HADITS KE-8

Allah Ridho Kepada Orang yang bertahmid Sesudah Makan atau Minum

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الْأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

Dari Anas bin Malik radliallahu anhu dia berkata; "Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah Taala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (Alhamdulillah) sesudah makan dan minum." (Hadits riwayat Muslim).

FAIDAH HADITS

1. Hadits ke 15, menjelaskan tentang perintah berdzikir setelah makan yaitu:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

Segala puji bagi Allah yang telah memberiku minum ini, dan merizqikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku.

2. Hadits ke 16, menjelaskan bahwa berdzikir/berdoa setiap selesai makan, menjadi sebab diampuninya dosa-dosa yang telah lalu.

----------------------------

(SUMBER: 60 Hadits Jilid 1 Tahfidh Maudlui-Penerbit: Mahad eLKISI)

 




Isi Komentar :
  • SMA eLKISI in syaa Alloh akan diakreditasi 18-25 September 2017, semoga sukses
  • 289 Siswa-Siswi SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo adakan Home Stay dan Arabic Camp di Pondok eLKISI selama
  • Update Donasi eLKISI PEDULI ROHINGYA 13 September 2017, adalah Rp. 203.717.900,-

057188

Pengunjung hari ini : 3
Total pengunjung : 18227
Hits hari ini : 7
Total Hits : 57188
Pengunjung Online : 1