header-int

Munaqosyah Tahfidh Maudlui, eLKISI Menghadirkan Penguji dari dalam dan luar Negeri

Jumat, 20 Apr 2018, 21:47:27 WIB - 202 View
Share
Munaqosyah Tahfidh Maudlui, eLKISI Menghadirkan Penguji dari dalam dan luar Negeri

elkisi.com (14/2/2018): Lebih kurang 95 santri kelas 9 SMP eLKISI mengikuti ujian tahap akhir Tahfidh Maudlui, mulai tangal 12 Pebruari hingga 4 Maret 2018. Mereka harus mempertahankan hafalan dan menjawab puluhan pertanyaan yang disampaikan oleh para penguji yang dihadirkan dari dalam dan luar negeri. Para penguji didatangkan dari luar agar lebih obyektif dan melatih mental serta menjadi motivasi tersendiri bagi para santri untuk lebih semangat belajar dan menghafal Al Quran dan As Sunnah. Di antara penguji yang hadir dari berbagai latar belakang, di antaranya Ustadz/dai, Dosen atau akademisi.

Munaqosyah yang diselenggarakan tanggal 14 Pebruari 2018, Pesantren mendatangkan 2 penguji dari Singapura, yakni ustadz Abdul Hakeem Mohammad Ismail, Direktur Madrasah HUDA Singapura, dan ust. Kamaluddin Iskandal, Direktur Madarasah Wak Tanjung. Ust. DR. Muhajir, MED (Kaprodi Magister Teknologi Pendidikan UNITOMO, Surabaya), dan Ust. Hamzah Baya M.PD (Surabaya). Selepas Munaqosyah, para penguji dari Singapura menyampaikan apresiasinya kepada para santri dan meminta ada beberapa santri eLKISI dikirim ke Singapura pada program PDR (Program Dakwah Romadhon) 1439 H mendatang.

Adapun munaqosyah pada putaran terakhir 4 Maret 2018, in syaa Allah yang akan menjadi penguji adalah Syaikh DR. Al Walid bin Muhammad Al Khudoiri, Syaikh DR. Said Ar Rofii, keduanya dari Arab Saudi yang kebetulan dosen di LIPIA Jakarta. juga akan hadir Ust. DR. Anung al Hammad, Lc, MPD,I (Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Jakarta) dan Ust. Hifni Sholihin (Sidoarjo).

Sebagaimana diketahui, Munaqosyah Akhir Tahfidh Terbuka adalah agenda tahunan yang wajib diikuti oleh para santri kelas 9 SMP eLKISI sebagai persyaratan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UNBK). Bagi santri reguler, target 260 hadits dan ayat tematik yang harus mereka hafal dan pertahankan di hadapan para penguji yang disaksikan orang tua, asatidz dan para santri lain. Adapun santri Tahfidhul quran mereka diuji sebanyak capaian hafalan mereka, antara 15-20 Juz.

 

Unidha Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI berdiri pada tahun 2010, Pesantren yang berbasis Edukasi, Sosial Keummatan dan berdaya Saing Global.
© 2018 Pondok Pesantren eLKISI Follow PONPES eLKISI : Facebook Twitter Linked Youtube