header-int

PENDIDIKAN ISLAM MEWUJUDKAN GENERASI GEMILANG MENUJU NEGARA ADIDAYA 2045 (Resume Ustadz Roni)

Rabu, 05 Sep 2018, 13:52:25 WIB - 98 View
Share
PENDIDIKAN ISLAM MEWUJUDKAN GENERASI GEMILANG  MENUJU NEGARA ADIDAYA 2045 (Resume Ustadz Roni)

PENDIDIKAN ISLAM MEWUJUDKAN GENERASI GEMILANG

MENUJU NEGARA ADIDAYA 2045 – DR. Adian Husaini

(Resume: Ustadz Ardhian Zahroni)

 

Buku ini merupakan kumpulan gagasan Dr. Adian Husaini di berbagai media, dan kemudian dipadukan menjadi satu gagasan besar: “Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045”. Berdasarkan kajian yang mendalam terhadap sejarah bangkit dan jatuhnya berbagai peradaban dunia, jika konsep pendidikan adab yang tertuang di buku ini diterapkan dalam berbagai institusi pendidikan, maka akan lahir manusia-manusia beradab yang akan mampu memimpin dan membawa Indonesia menjadi negara adidaya; negara hebat sebagaimana dicita-citakan dalam Pembukaan UUD 1945; negara yang mampu mewujudkan perdamaian dunia dan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.  

Bagian pertama yaitu konsep pendidikan berbasis adab mengenalkan kita kepada pemikiran Prof Syed Naquib Al-Attas, bahwa umat Islam sekarang ini adalah hilang adab. Gagasan tersebut dikembangkan dan diaplikasikan oleh Dr. Muhammad Ardiansyah di perguruan tinggi.  Konsep adab bukanlah hal baru dalam ajaran Islam. Para ulama telah menekankan penting dan strategisnya konsep ini. Itu bisa dilihat dari pernyataan para ulama tentang pentingnya adab ini. Umar ibn al-Khattab menyatakan taadabu tsumma ta’allamu (beradablah kalian, kemudian berilmulah kalian). Berbagai konsep adab dari ulama, Umar Al Faruq, Abdullah Ibnu Mubarak, Abdul Qodir Al Jilani, Imam Syafi’i, Imam Al Ghazaly, Ibnu Qayyim Al Jauziyah.

Bagian kedua yaitu capita selecta pendidikan mengajak kita untuk membuka pikiran terkait kurikulum taqwa untuk Indonesia 2045, epistimologi pendidikan pancasila, mendidik adab dari keluarga, belajar adab dari kisah luqman, reformasi usia pendidikan, mutiara pendidikan dari kitab ayyuhal walad, khutbah beliau tentang adab di MK, pesan bapak bangsa Mohammad Natsir tentang jiwa bangsa, nasehat dan teladan syekh amin al hajj, Pengajaran sejarah sains di Indonesia, pesantren Tinggi Imam Al Ghazaly, urgensi pendidikan ulama, peran ulama dalam kemerdekaan dan pembangunan, adab dalam pendidikan sains, menjadi guru beradab, seminar integrasi ilmu di IAIN lampung, manusia beradab menurut, KH hasyim asy’ari, pendidikan Sultan Muhammad Al Faith, Islam dan kebijakan pendidikan di Indonesia, menyambung sejarah, generasi gemilang, pengenalan pristac : terobosan terbaru pendidikan tingkat SMA.

Dalam UU Sisdiknas No 20 tahun 2003 diamanahkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk membentuk manusia beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Sesuai dengan UU Pendidikan Nasional tersebut seharusnya pemerintah menjadikan ciri-ciri manusia taqwa itu sebagai target pencapaian pendidikan. Siswa atau mahasiswa yang tidak menjalankan ibadah wajib sesuai agamanya sepatutnya tidak diluluskan. Jangan sampai bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang munafik, hanya pintar menyusun kata-kata indah, tetapi tidak dilaksanakan dalam kehidupan. Allah SWT memberikan peringatan keras terhadap orang-orang yang hanya berucap tetapi tidak mau melaksanakan perbuatan baik (QS 61:2-3).

Unidha Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI berdiri pada tahun 2010, Pesantren yang berbasis Edukasi, Sosial Keummatan dan berdaya Saing Global.
© 2018 Pondok Pesantren eLKISI Follow PONPES eLKISI : Facebook Twitter Linked Youtube