Dauroh Fiqih dan Integrated Learning, Penyembelihan Hewan Secara Syar’i

0
201
Dauroh Fiqih dan Integrated Learning Penyembelihan Hewan Secera Syar'i santri eLKISI IIBS

eLKISI International Islamic Boarding School-IIBS Mojokerto tiada henti berinovasi dalam melakukan proses belajar mengajar kepada para santri. Selain Tahfidh Al Qur’an, Tahfidh Maudlu’i (Tematik) dan Penguatan Adab yang menjadi ciri khas, eLKISI IIBS juga memiliki program lain yaitu Dauroh dan Integrated Learning (terintegrasi).

Ahad (27/9/2020) para santri eLKISI IIBS melaksanakan dauroh fiqih penyembelihan hewan secara syar’i. Ini merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan empat mata pelajaran yaitu Al-Islam (fiqih), Matematika, IPA dan Life Skill. Objek yang dipelajari kali ini yaitu ayam. Dari ayam tersebut dapat dipelajari mulai dari cara menyembelih, membedah, memasak hingga menyajikan sebagai hidangan yang siap disantap.

Ustadzah Rini (Guru IPA) menjelaskan tentang anatomi tubuh ayam
Santri membedah tubuh ayam yang telah disembelih

Di aspek pelajaran fiqih, para santri diajarkan tentang bagaimana tata cara menyembelih ayam sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Saw sehingga hasil sembelihan bisa menjadi makanan yang halal. Pada aspek mata pelajaran matematika, santri mempraktikkan bagaimana cara menimbang berat ayam yang telah disembelih sedemikian rupa para santri mengetahui satuan berat dari ons, gram hingga kilogram. Pada aspek mata pelajaran IPA, para santri dapat melakukan praktikum dengan melihat secara langsung anatomi tubuh ayam sekaligus fungsinya.

Ayam panggang menu pilihan santri putra
Antusias santri memasak ayam

Dengan kegiatan ini santri akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi para santri eLKISI IIBS.

Selain mengajarkan tiga mata pelajaran di atas, kegiatan ini juga mengajarkan life skill memasak yaitu cara mengolah makanan (ayam) yang halal dan thayyib sampai cara menghidangkan dan memakannya. Tak lupa ketika makan, adab makan sesuai ajaran Rasulullah Saw juga menjadi bagian penting dalam pembelajaran terintegrasi ini. (amd)