Dauroh Fiqih di eLKISI IIBS

0
238
Dauroh Fiqih eLKISI IIBS - Merawat Jenazah

Oleh: Ainur Rosyidi

Selasa,15/09/2020,
Waka Kurikulum-Wakum IIBS elKISI Mojokerto, Agung Purwono mengadakan Dauroh Fiqih Kepengurusan Jenazah bersama Ustadz Chamim Thohari.

Kegiatan dauroh tersebut, diselenggarakan di Masjid dan diikuti seluruh santriwan IIBS eLKISI. Kajian yang diangkat pemateri kala itu, tentang bagaimana mengurus jenazah secara syar’i. Mulai dari prosen pentalqinan, pemandian hingga mengantarkannya ke pemakaman.

Sangat beralasan, jika kemudian wakum IIBS eLKISI, Agung Purwono mengangkat tema ini, karena baginya, kemampuan dan keterampilan seorang Muslim dalam menangani jenazah saat ini, sangat langka. Apalagi, tujuan pendirian eLKISI memang mengabdi untuk Ummat, maka kecapakan dalam hal ini sangat dibutuhkan, ungkapnya.

Ustadz Chamim, selaku pengajar fiqih tetap di eLKISI, memang unik. Penjelasan yang disampaikan begitu praktis dan tidak membosankan. Misalnya, disela-sela acara beliau menunjuk beberapa santri untuk memeraktekkan isi materi di depan teman-temannya. Hal ini, untuk menambah daya pemahaman mereka. Tentu, dengan bimbingan Chamim.

Kegiatan daurah saat itu, berlangsung dengan meriah, dan di akhir sesi, para santri berkumpul sesuai kelompoknya dan sembari meragakan proses penanganan mayit, dan lalu menutupnya. (ar/amd)