Nata de Coco ala Santri Peminatan MIPA eLKISI

0
125
Praktikum MIPA Santri eLKISI IIBS Pembuatan Nata de Coco

eLKISI IIBS Mojokerto adalah pesantren yang mengajarkan tentang adab dan edukasi bagi setiap santrinya. Selain kegiatan yaumiyah, santri juga dibimbing menjadi pribadi yang produktif dan bertanggung jawab. Salah satunya adalah kelas peminatan bagi santri kelas 10 dan 11 yang diadakan pada hari kamis, sabtu dan ahad. Salah satunya adalah kelas peminatan MIPA.

Kamis, 26 November 2020 santri peminatan MIPA melakukan praktikum pembuatan Nata de Coco. Dengan bimbingan ustadzah pengampu mata pelajaran MIPA, para santri menyiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan nata de coco, dintaranya air kelapa, kecambah dan bakteri khusus.

Pembuatan nata de coco sendiri tidak memerlukan waktu yang lama. Proses meracik bahan yang ada cukup memerlukan waktu yang singkat. Hanya saja dalam proses fermentasi campuran air kelapa, kecambah, gula dan bakteri khusus memerlukan waktu kurang lebih 10 hari.

Bagi sebagian orang minuman nata de coco adalah minuman yang kental di lidah mereka. Oleh karena itu para pembimbing peminatan berinisiatif untuk mengajarkan kepada santri cara membuat nata de coco agar kelak dapat dimanfaatkan untuk diri sendiri dan orang lain.

Ditulis oleh:
– Arinda Nur Annisa (Kelas IX) SMP eLKISI
– Novaria Mega Aghata (Kelas X) SMA eLKISI