Panen Kangkung Hidroponik Ala Santri Peminatan MIPA eLKISI

0
160
Santri peminatan MIPA eLKISI memanen kangkung yang ditanam di media hidroponik

Ahad (29/11/20) santri putri peminatan MIPA, melakukan kegiatan memanen kangkung hidroponik. Kegiatan ini bertepatan dengan ujian tahfid, sehingga hanya bisa diwakilkan 5 orang santri. Santri tersebut ialah: Aisyah Isnatul Maulida (kelas 10), Asma` Ridhaulkhair (kelas 11), Nashwa Yasmin Azzafira (Kelas 10), Aisyah Divany Azzahra (Kelas 11), dan Nadia Hanifah (Kelas 10).

Kegiatan ini berlangsung sekitar pukul 08.45 s.d 09.20 WIB di labolatorium hidroponik eLKISI IIBS. Dipandu oleh ustadzah Kholishoh selaku pembina peminatan MIPA eLKISI, kelima santri memanen kangkung dengan semangat, serta mengukur panjang dan berat kangkung yang ditanam dengan media hidroponik tersebut. Dari hasil pengukuran tersebut, didapatkan data berat 1 batang kangkung tanpa akar adalah rata rata 7 gram dengan panjang kurang lebih 67 cm. 

Santri eLKISI sedang asyik memanen kangkung media hidroponik

Cara memanen kangkung hidroponik juga tidak jauh berbeda dengan cara memanen kangkung biasanya. “dipotong pakai gunting, tapi gak nyampe pangkalnya” ungkap Aisyah Isnatul Maulida, salah satu peserta panen kangkung hidroponik. 

“Alhamdulillah, anak-anak sekarang jadi terampil untuk menanam tanaman sayur secara hidroponik. Harapanya, nanti kalau anak-anak lulus memiliki keterampilan dan memanfaatkan ilmunya. Bisa jadi, mereka nanti bisa jadi pengusaha” ungkap ustadzah Kholisoh.

Ditulis oleh:
– Lintang Kurnia Rahmah Caesary (Kelas IX International 2)
– Yasmine Yusnita Hasan (Kelas VIII Creative 2)