Ponpes eLKISI dan Baitul Maal eLKISI (BMe) : Berkah Bulanan Sembako untuk Warga Miskin Sekitar Pesantren

1026
Pondok Pesantren eLKISI dan Baitul Maal eLKISI Rutin Berbagi Sembako kepada Warga Miskin Sekitar Pesantren

Mojokerto, 28 Mei 2024 — Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI bersama Baitul Maal eLKISI (BMe) mengadakan kegiatan rutin bulanan dalam bentuk pembagian sembako kepada warga miskin di sekitar pesantren. Program ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu sekaligus mempererat hubungan antara pesantren dengan lingkungan sekitar.

Acara yang dilaksanakan setiap bulan ini melibatkan santri dan relawan dari Baitul Maal eLKISI. Setiap bulannya, sebanyak 450 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, gula, dan bahan makanan pokok lainnya dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Direktur BMe Ahmad Kuncoro, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari komitmen sosial pesantren yang memiliki motto “Pesantren Berbasis Edukasi dan Sosial Keummatan” untuk berkontribusi secara nyata dalam membantu masyarakat sekitar. “Kami ingin keberadaan Ponpes eLKISI tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh para santri, tetapi juga oleh masyarakat luas, terutama mereka yang sedang dalam kesulitan ekonomi,” ujar Kuncoro.

Salah satu warga penerima bantuan, Ibu Sumiani, mengungkapkan rasa syukurnya atas kepedulian Ponpes eLKISI dan BMe. “Bantuan sembako ini sangat membantu kami, terutama di saat kondisi ekonomi yang serba sulit seperti sekarang. Kami sangat berterima kasih kepada Ponpes eLKISI dan BMe,” kata Ibu Sumiani dengan wajah penuh haru.

Program pembagian sembako ini tidak hanya memberikan manfaat langsung berupa kebutuhan pokok, tetapi juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk turut berbagi dan peduli terhadap sesama.

Selain pembagian sembako, Ponpes eLKISI dan BMe juga sering mengadakan berbagai kegiatan sosial lainnya seperti Bedah Rumah Warga Miskin, Beasiswa Pendidikan Santri Yatim dan Dhuafa, Intensif Bulanan Guru TPQ dan Da’i Pedalaman, Peduli Bencana, Pembangunan Masjid dan Pesantren.

Dengan adanya kegiatan rutin ini, diharapkan semakin banyak pihak yang terdorong untuk berpartisipasi dalam membantu masyarakat kurang mampu. Ponpes eLKISI dan BMe berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini dan bahkan memperluas jangkauan bantuan agar dapat menjangkau lebih banyak warga yang membutuhkan. (jo)