Santri eLKISI, Mengasah Skill Jurnalistik

0
43
Santri eLKISI, Mengasah Skill Jurnalistik

Pondok Pesantren (Ponpes) eLKISI membina para santri eLKISI dengan berbagai keahlian. Dengan mendatangkan pelatih dari kalangan profesional. Dalam bidang jurnalistik, Ponpes eLKISI mengundang Ustad Nuim Hidayat. Beliau seorang wartawan senior yang juga seorang penulis Islam yang produktif.

Tanggal 17-18 Nopember 2020 Ustad Nuim Hidayat mengisi Pelatihan Jurnalistik di Ponpes eLKISI. Pelatihan Jurnalistik ini diikuti oleh tim jurnalis santri eLKISI. Para santri tersebut bertugas menjadi wartawan santri. Mereka bertugas meliput kejadian dan melaporkannya dalam bentuk berita yang akan ditayangkan di berbagai media Pondok Pesantren eLKISI.

Dalam kesempatan ini, Ustad Nuim menyampaikan cara menjadi reporter yang baik, hingga tips agar berita yang disiarkan itu menarik bagi pembaca. Diantara bab yang beliau sampaikan adalah nilai berita, unsur-unsur berita, teknik menulis berita, tahapan reportase, dan anak tangga tahapan reportase.

Beliau menyampaikan bahwa menulis berita merupakan aktifitas dakwah sehingga harus memperhatikan adab dakwah. “Menulis berita tidak boleh bohong, hindari fitnah”, demikian tegas beliau.

Terlihat para santri mengikuti pelatihan dengan antusias dan semangat. Mereka sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan Ustad Nuim. “Pelatihan ini membuat saya menjadi lebih ingin tahu tentang dunia reporter”, kata salah satu peserta pelatihan. Selain mengikuti materi, para santri juga diminta untuk praktik membuat berita. (AZ)