Santri Ponpes eLKISI Berdaya, Pengabdian Masyarakat Menyinari Kehidupan

266

Para santri Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI tidak hanya berfokus pada aspek keagamaan, namun juga menunjukkan kepedulian tinggi terhadap masyarakat di sekitar mereka melalui serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang menginspirasi.

Sebanyak 66 Santri Putri Kelas XII SMA eLKISI diterjukan ke beberapa daerah di Jawa Timur untuk melaksanakan pengabdian Masyarakat yang dimulai sejak tanggal 15 Januari hingga 15 Februari 2024.

Salah satu inisiatif yang luar biasa dari program pengabdian Masyarakat ini adalah “Peduli Pendidikan”, di mana para santri secara aktif terlibat dalam memberikan bimbingan belajar dan tutor kepada anak-anak sekolah dasar setempat. Melalui program ini, mereka tidak hanya membantu meningkatkan prestasi akademis anak-anak, tetapi juga memotivasi mereka untuk mengejar pendidikan lebih tinggi.

Program “Ngajar Ngaji” merupakan upaya santri untuk mendidik anak-anak TPQ di desa-desa yang masih minim keberadaan guru ngaji. Tidak sekadar ngajar ngaji anak-anak para santri juga turut serta mengajar membaca Al Qur’an para lansia.

Semangat dan dedikasi para santri Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI dalam menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat tidak hanya mencerminkan nilai-nilai keagamaan, tetapi juga mengukuhkan peran mereka sebagai agen perubahan positif di masyarakat.

Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI menjadi contoh inspiratif bagi pondok pesantren lainnya, menunjukkan bahwa pengabdian masyarakat merupakan bagian integral dari pendidikan agama yang holistik. (jo)