Semangat Santri eLKISI Menempuh Prasyarat PAS Ganjil 2020

0
389

Pondok Putri (28/11/20) adalah hari pertama pelaksanaan ujian prasyarat PAS (Penilaian Akhir Semester) ganjil. Suasana ujian kembali hadir di tengah-tengah para santri.

Sudah menjadi protokol pondok, bahwa setiap akan mengadakan ujian akhir, santri harus mampu menuntaskan ujian prasyarat. Ujian ini meliputi; ujian tahfidz hadits, tahfidz Al-Quran, dan bahasa Arab. Ujian akan berlangsung selama dua hari, dimulai pukul 08.00-14.20 WIB, namun santri tetap mendapat waktu istirahat siang.

Suasana Murojaah Santri Putri eLKISI
Dimanapun tempatnya tetap murojaah

Sebelum ujian berlangsung, Ustadzah Elvi Wahyu R., selaku pengurus pondok putri, menginfomasikan kepada para santriwati perihal ujian yang akan dilaksanakan. Ustadzah elvi memberikan penegasan ulang terkait ujian.

“Diluruskan kembali niatnya karena Allah subhanahu wa ta’ala. Semoga Allah memudahkan urusan kita semua. Dimaksimalkan usahanya dan jangan lupa berdoa, karena usaha tanpa doa itu sombong! Jadi digunakan waktunya untuk murojaah dan berdoa!”, ujarnya.

Suasana Ujian Tahfidz al-Qur’an
Suasana Ujian Tahfidz Hadits (Maudlui)

Tentunya ujian ini memiliki target yang harus dipenuhi. Setiap jenjang kelas memiliki target hafalan yang berbeda. Untuk jenjang SMP, kelas VII akan diuji juz 30 surat An-Naas sampai dengan Al-Balad, hadits jilid pertama sebanyak 60 hadits, dan bahasa Arab 15 percakapan. Kelas VIII diuji surat Al-Mulk sampai surat Nuh juz 29, hadits jilid 3 sebanyak 72 hadits, dan bahasa Arab 15 percakapan. Sedangkan untuk kelas IX yang sebentar lagi mengikuti ujian akhir ma’had, saat ini diuji juz 29 dan 30, hadits jilid 4 sebanyak 61 hadits, dan Bahasa  Arab 20 percakapan sebagai persiapan.

Untuk jenjang SMA, kelas X alumni SMP eLKISI diuji juz 28 surat Al-Mujaddalah sampai surat Al-Mumtahanah, hadits jilid 5 yakni Arba’in An-Nawawi, dan bahasa Arab 20 percakapan. Kelas X selain alumni eLKISI diuji juz 30 surat An-Naas sampai Al-Balad, hadits jilid 1, dan bahasa Arab 15 percakapan. Kelas XI alumni SMP eLKISI diuji surat Al-Baqarah ayat 1-61, hadits jilid 6 sebanyak 65 hadits, dan bahasa arab 20 percakapan. Kelas XI selain alumni SMP eLKISI diuji juz 29 surat Al-Mulk sampai surat Nuh, hadits jilid 3, dan bahasa Arab 20 percakapan. Kelas XII alumni SMP eLKISI diuji juz 28 dan 1, hadits jilid 7 sebanyak 75 hadits, dan bahasa Arab 20 percakapan. Kelas XII selain alumni SMP eLKISI diuji juz 29 dan 30, hadits jilid 4, dan bahasa Arab 20 percakapan.

Ujian percakapan bahasa arab

Semoga para santri diberikan kemudahan dalam melaksanakn ujian, mendapatkan hasil yang terbaik dan bermanfaat untuk kedepannya. Ujian ini hanyalah sebagai penguat pendidikan. Nilai hasil sesungguhnya hanya akan terlihat di esok, apakah dapat bermanfaat bagi umat.

Ditulis oleh,
– Zahra Tsabita Ulaya (Kelas IX Creative SMP eLKISI)
– Natasya Shabira Putri Wahyudi (Kelas IX International SMP eLKISI)