Seminar “Tantangan Pemikiran di Era Global” sebagai Bekal Santri Kelas 9 dan 12 Pesantren eLKISI

64
Seminar pembekalan untuk santri kelas 9 dan 12 Pondok Pesantren eLKISI

Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI Sukses menyelenggarakan seminar bertema “Tantangan Pemikiran di Era Global” sebagai bagian dari program pembekalan bagi santri kelas 9 dan 12. Acara yang bertempat di Masjid Agung eLKISI ini bertujuan untuk membekali para santri dengan wawasan dan keterampilan dalam menghadapi tantangan pemikiran di era globalisasi.

Seminar ini diisi oleh Ustadz Rohmadi, M.Pd, seorang praktisi pendidikan dan pemikiran Islam sekaligus Pimpinan Pesantren Darut Tilawah Ponorogo. Seminar yang berlangsung pada hari Senin 10 Juni 2024 ini membahas tentang “Strategi Menghadapi Arus Pemikiran Global”.

Ustadz Rohmadi menjelaskan pentingnya memiliki landasan pemikiran yang kuat dan kritis dalam menyaring informasi yang diterima dari berbagai sumber global. “Di era digital ini, kita harus bisa memilah informasi yang bermanfaat dan sesuai dengan ajaran Islam, serta menolak yang bertentangan dengan nilai-nilai kita,” jelasnya.

Selama seminar, para santri sangat antusias berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan diajukan, mulai dari cara menghadapi konten negatif di media sosial hingga strategi mempertahankan identitas keislaman di tengah arus globalisasi.

Salah satu santri kelas 12, Fatimah Az Zahroh, mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya seminar ini. “Seminar ini sangat membuka wawasan saya tentang bagaimana menghadapi berbagai pemikiran dari luar. Saya jadi lebih paham bagaimana menyaring informasi dan tetap berpegang pada nilai-nilai Islam,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI berkomitmen untuk terus memberikan pembekalan yang relevan dan bermanfaat bagi para santri, mempersiapkan mereka menjadi generasi yang tangguh, berilmu, dan berakhlak mulia dalam menghadapi dunia yang semakin terbuka dan dinamis. (jo)