Sosialisasi Moving Class dan Peminatan, Konsep Pembelajaran di eLKISI Tahun 2020

0
289
sosialisasi moving class pondok pesantren elkisi mojokerto

Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI selalu melakukan terobosan-terobosan terbaru untuk melakukan konsep pendidikan terbaik di lingkungan eLKISI. Hal ini dibuktikan dengan munculnya konsep pembelajaran moving class dan peminatan yang segera diterapkan di tahun pembelajaran semester genap 2019/2020.

Pembelajaran moving class yang dimaksud ialah kelas atau rombongan belajar berpindah sesuai dengan mata pelajaran. Moving class bercirikan santri yang mendatangi guru di kelas. Pada saat subjek mata pelajaran berganti maka santri akan meninggalkan kelas menuju ruang kelas lain sesuai mata pelajaran yang dijadwalkan, jadi santri yang mendatangi guru, bukan sebaliknya.

Dalam adab menuntut ilmu sendiri dijelaskan bahwa penuntut ilmu itu adalah mendatangi sumber ilmu. Para ulama’ terdahulu menjelaskan:


ﺍﻟﻌِﻠْﻢُ ﻳُﺆْﺗَﻰ ﻭَ ﻻَ ﻳَﺄْﺗِﻲ


“ilmu (agama) itu didatangi bukan mendatangi”

Dalam pembelajaran moving class, ruang kelas akan difungsikan seperti laboratorium sesuai mapel. Diharapkan suasana kelas menyenangkan dan interaksi santri dengan guru lebih intensif.

Di kelas peminatan, para santri disediakan berbagai bidang yang dapat dipilih, yaitu: multimedia, entrepreneur (untuk SMA), Matematika dan IPA (MIPA), Olahraga, Jurnalistik, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Literasi.

Rekrutmen santri di bidang peminatan dilaksanakan di minggu kedua bulan januari. Sedangkan untuk pelaksanaanya pada minggu ketiga bulan januari. (amd)