Tingkatkan Kemampuan, Santri eLKISI Ikuti Daurah Menulis Pegon

0
328
Santri Pondok Pesantren eLKISI ikuti Dauroh Menulis Pegon

Senin (27/1/2020) Seluruh santri Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI ikuti dauroh menulis pegon. Kegiatan ini dibagi kedalam empat tempat.

Seluruh santri SMP Putra berada di Masjid dan santri SMA Putra bertempat di Ruang Auditorium. Sedangkan untuk santri SMP Putri berada di Masjid Binaaul Ummah Ponpes Putri dan santri SMA Putri menempati Aula kantin putri lantai 2.

Dauroh Menulis Pegon di Auditorium eLKISI
Dauroh Menulis Pegon di Masjid Putra eLKISI

Menulis pegon biasanya dipakai oleh santri ketika belajar-belajar kitab. Yaitu ketika memberikan pemaknaan saat santri mengaji.

Sekedar untuk diketahui, pegon mulai masuk ke Indonesia saat Islam mulai masuk melalui Sumatera. Pegon berasal dari kata pego yang berarti diluar kebiasaan. Jadi yang seharusnya dibaca arab tetapi dibaca menggunakan Bahasa Indonesia atau jawa.

Dauroh Menulis Pegon di Masjid Putri eLKISI
Dauroh Menulis Pegon di Aula Kantin Putri eLKISI

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari sampai dengan Rabu (29/1/2020). Kegiatan yang dimentori oleh asatidzah eLKISI ini berlangsung sangat interaktif. Para santri terlihat sangat antusias dan aktif dalam daurah ini.

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis pegon bagi para santri untuk memaknai kitab-kitab yang dikaji. (amd)