Tingkatkan Wawasan Membaca dan Menulis, Santri Kelas XI Ikuti Seminar Literasi

805
seminar literasi di elkisi

Puluhan Santri kelas 11 Ponpes eLKISI mengikuti Seminar Literasi yang diadakan di Auditorium Pondok Pesantren eLKISI Mojokerto pada hari Selasa 21 Mei 2024. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan minat baca dan keterampilan literasi ini menghadirkan narasumber Herry M Joesoef yang merupakan penulis buku dan mantan wartawan majalah tempo dari Jakarta.

Seminar yang mengusung tema “Menuangkan Imajinasi Melalui Literasi” ini dibuka oleh salah satu pengajar di Ponpes eLKISI, Ardhian Zahroni, M.Pd. Dalam sambutannya, Zahroni menekankan pentingnya literasi di tengah perkembangan teknologi yang pesat. “Kemampuan literasi bukan hanya soal membaca dan menulis, tapi juga memahami informasi dengan kritis dan kreatif. Ini sangat penting untuk menghadapi tantangan di masa depan,” ujarnya.

Herry M Joesoef sebagai narasumber tidak hanya sekadar menyampaikan materi. Dia juga berbagi pengalaman dan memberikan tips tentang bagaimana menumbuhkan kebiasaan membaca dan menulis sejak dini. Herry M Joesoef, dalam paparannya, menyampaikan bahwa menulis adalah salah satu cara untuk mengeksplorasi ide dan mengekspresikan diri. “Menulis bukan hanya tentang menghasilkan karya, tapi juga proses untuk memahami diri sendiri dan lingkungan sekitar,” kata Herry.

Salah seorang peserta seminar, Felisya Maharani dari Kelas XI Multimedia 2 mengungkapkan kegembiraannya setelah mengikuti acara tersebut. “Saya sangat terinspirasi oleh pemateri. Seminar ini membuka wawasan saya tentang pentingnya literasi dan memberikan saya motivasi untuk lebih giat membaca dan menulis,” ujarnya.

Seminar Literasi ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi santri Pondok Pesantren eLKISI untuk semakin giat dalam meningkatkan keterampilan literasi mereka. Dengan kemampuan literasi yang baik, generasi muda khususnya santri lulusan Pesantren eLKISI akan lebih siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi positif bagi masyarakat. (jo)