Baru 3 Bulan di Pesantren, Santri Kelas 7 SMP ini Sudah Hafal Mutqin 262 Hadits Tematik

0
670
Nabil Zakaria Santri Kelas 7 SMP eLKISI yang Hafal 262 Hadits Tematik

Ada santri kelas 7 SMP yang mempunyai prestasi istimewa. Baru tiga bulan di pesantren, dia sudah memiliki hafalan 262 buah hadits maudlu’i (tematik). Tentu, bagi santri yang baru mondok, ini sebuah prestasi yang membanggakan.

Santri itu bernama lengkap Ahmad Nabil Zakaria Zain, salah satu santri yang baru duduk di bangku kelas 7 SMP eLKISI International Islamic Boarding School (IIBS) Mojokerto Jawa Timur. Dia anak pertama dari dua bersaudara pasangan dari Muhammad Zainuddin dan Indra Yulianti asal Pulosari Ngembeh Dlanggu Mojokerto.

Kepada redaksi elkisi.com, Nabil membeberkan rahasia dalam menghafal hadits-hadits Rasulullah Saw. Salah satunya adalah memanfaatkan waktu senggang sebaik mungkin untuk menghafal dan murojaah serta berdoa di sepertiga malam.

“Sejak kelas 5 SD sudah mulai suka menghafal dan kelas 6 sudah hafal juz 29 dan 30. Memanfaatkan waktu yang ada untuk menghafal dan murojaah, juga selalu berdoa di setiap selesai sholat tahajud untuk dimudahkan dan dikuatkan hafalannya.” Ujar santri kelahiran Mojokerto 12 Mei 2008 tersebut.

Atas prestasi Nabil itu, Kepala SMP eLKISI takjub. “Baru 3 bulan di kelas 7, sudah menghafalkan dengan mutqin 262 hadits. Padahal banyak yang merasakan bahwa menghafal hadits lebih sulit daripada menghafalkan al-Qur’an. Untuk Ananda, semoga Allah subhanahu wata’ala senantiasa memberikan rahmat dan ridhoNya, sehingga kemudahan demi kemudahan akan dilimpahkan untuknya dalam bertholabul ilmi.“ Kata Ustadzah Rohmatin. [jo]