Calon Ilmuwan Muda eLKISI Lakukan Praktikum Kimia

0
83

Mojokerto-eLKISI.com, Sabtu 22 Januari 2022 Santri Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI yang tergabung dalam peminatan sains putri melakukan praktikum kimia di laboratorium IPA eLKISI. Mereka melakukan praktikum tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Ustadzah Nur Annidaul Muslimah, S.Pd selaku pengajar kimia di eLKISI menjelaskan bahwa praktikum ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi terhadap laju reaksi dan mengetahui luas permukaan laju reaksi.

Selain itu praktikum ini dapat diketahui manfaatnya di kehidupan sehari-hari. “Mereka dapat mengetahui laju reaksi yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pada saat kita menggoreng tahu, tahu yang besar matangnya akan lebih lama dibandingkan tahu yang dipotong kecil-kecil” ungkap Ustadzah Nida’.

Ustadzah Nida’ memberikan pengarahan kepada santri
Antusias dan Keseriusan Santri eLKISI Melakukan Praktikum

Para santri terlihat sangat serius dan antusias dalam mengikuti praktikum ini. Salah satunya adalah Nadia Hanifah. Santri kelas XI SMA eLKISI ini menjelaskan bahwa praktikum yang dijalani tersebut dapat memberi pengetahuan dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

“Manfaat dari praktikum ini ketika kita membuat larutan evervesen yang cepat larut di air adalah yang berbentuk serbuk daripada berbentuk kepingan. Contohnya ketika kita membuat kopi, serbuk kopi akan cepat larut di dalam air.” ungkapnya. (amd)