Cegah DBD, eLKISI Lakukan Fogging di Desa Sekitar Pesantren

0
95

Ditengah kekhawatiran pandemi covid-19, masyarakat harus tetap waspada dengan penyakit lain yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa. Salah satu penyakit yang masih perlu diwaspadai yaitu DBD.

Oleh karena itu, Ponpes eLKISI melakukan fogging atau pengasapan dengan insektisida untuk membasmi nyamuk demam berdarah. Hal itu untuk mencegah penyebaran atau penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Meskipun fogging tidak memutus mata rantai nyamuk penyebar DBD karena hanya membunuh nyamuk dewasa, namun diharapkan bisa meminimalisasi penyebaran.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah terjadi beberapa kasus demam dengue di Dusun Mojodadi dan dusun lain di sekitar pesantren.

Fogging dilaksanakan hari Sabtu tanggal 29 Januari 2022 di dusun Mojodadi Desa Purworejo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Ponpes eLKISI menggandeng pemerintah dusun dan pemuda demi kelancaran kegiatan fogging ini.

Abdul Wahab selaku Kepala Dusun Mojodadi mengapresiasi inisiatif Ponpes eLKISI melakukan fogging di Wilayahnya.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ponpes eLKISI telah melakukan fogging di wilayah kami. Semoga masyarakat bisa bebas dari gigitan nyamuk dan penyakit apapun” kata Dia.

Selain itu, warga Dusun Mojodadi juga sangat antusias menyambut kegiatan ini. Seperti yang dituturkan oleh Sulaiman, salah satu warga Dusun Mojodadi ini menyampaikan rasa terima kasih banyak dengan adanya kegiatan fogging ini.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih telah melakukan fogging di desa kami. Mudah-mudahan dengan diadakan fogging ini masyarakat terbebas dengan penyakit demam berdarah.” Tuturnya.

Walaupun fogging telah dilaksanakan, namun tetap diperlukan dukungan,kerjasama, dan peran aktif dari seluruh warga masyarakat melalui kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dengan menerapkan 3 M. yaitu, Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan ai. Menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air dan Mengubur barang bekas atau tak terpakai. (amd)