Santri Azhari dan Kader Ulama’ Ikuti Coaching Penulisan Risalah Akhir Bahasa Arab

0
77

Mojokerto-eLKISI.com,

Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI mengadakan Coaching Clinic Penulisan Risalah Akhir Bahasa Arab. Coaching dilaksanakan di Auditorium lantai 3 Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI pada hari Sabtu 22 Januari 2022. Pembicara pelatihan Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd. Beliau adalah dosen tetap Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Koordinator Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Pengasuh pusat Ma’had Al-Jamiah.

Coaching Clinic dilaksanakan dua sesi. Sesi pertama bersama para santri Kader Ulama dan Azhari SMA eLKISI. Sesi kedua bersama asaatid pengampu bahasa Arab SMA eLKISI. Sesi pertama dimulai pukul 08.00. Acara dibuka oleh Ustadz Gunanto Amintoko, M.Pd, Kepala SMA eLKISI.Santri eLKISI sudah terbiasa menulis karya tulis ilmiah dalam bahasa Indonesia. Di jenjang SMA terdapat tugas wajib santri untuk menulis buku. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para santri tidak hanya pandai menulis dengan bahasa Indonesia, namun juga memiliki kemampuan menulis berbahasa Arab. Pelatihan ini juga diharapkan meningkatkan prestasi santri dalam perlombaan Bahasa Arab.

Peserta pelatihan di sesi satu adalah sebanyak 50 santri yang terhimpun dari kelas khusus kader ulama dan kelas internasional Azhari. Para santri mengikuti dengan antusias dan khidmat penyampaian materi Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd.Pemaparan materi awal memotivasi santri menulis dan belajar bahasa Arab. “Ilmu yang kita pelajari akan mudah hilang apabila tidak kita tulis. Bagaimana ilmu yang kita pelajari akan bermanfaat untuk generasi mendatang, 20-30 tahun kedepan. Maka perlu belajar Karya Tulis Ilmiah”, tutur narasumber tetap di P4TK Bahasa Kemdikbud RI.

Beliau menyampaikan tata cara pembuatan karya tulis berbahasa Arab, mekanisme dan trik-triknya. Bagaimana penulisan Bahasa Arab yang baik dan benar. Harus sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Memperhatikan judul, tema, dan topik penulisan. Penulisan paragraf. Serta menjelaskan project plan menulis. Setelah pemaparan teori penulisan karya ilmiah bahasa Arab. Para santri praktek membuat draft atau outline tulisan bahasa Arab.

Di sesi kedua, kegiatan coaching untuk asatidz pembina bahasa Arab. Di sesi ini dilakukan evaluasi terkait dengan kemampuan para santri. Dan juga mendiskusikan strategi menggapai prestasi lomba dalam bahasa arab. Kegiatan coaching ini merencanakan kegiatan yang terstruktur untuk melahirkan para santri eLKISI yang mahir menulis bahasa Arab.

Dalam kesempatan ini juga digunakan berdiskusi tentang “Program Sit In” di universitas Timur Tengah. Program ini memungkinkan santri untuk belajar secara temporer di kampus Timur Tengah. Beliau bahkan menjelaskan, lembaga sebesar eLKISI seharusnya bisa menjalin kerjasama langsung dengan Al Azhar Mesir. Semoga kegiatan coaching ini mendapatkan berkah dari Allah SWT. (AZ)