Beranda Berita dan Kegiatan Berita Terkini Tingkatkan Kreatifitas dalam Menulis, eLKISI Gelar Seminar Literasi

Tingkatkan Kreatifitas dalam Menulis, eLKISI Gelar Seminar Literasi

0
Tingkatkan Kreatifitas dalam Menulis, eLKISI Gelar Seminar Literasi
Seminar Literasi eLKISI IIBS Mojokerto

Kemampuan menulis adalah salah satu kemampuan berbahasa atau literasi yang bersifat produktif. Dalam menulis juga dituntut untuk kreatif agar tulisan menjadi menarik dan pembaca tertarik membacanya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kreatifitas santri dalam menulis, eLKSII IIBS Mojokerto mengadakan seminar literasi.

Kegiatan yang bertempat di Masjid eLKISI itu mengundang pemateri mantan jurnalis Republika dan juga penulis buku yaitu ustadz Nuim Hidayat dari Depok Jawa Barat.

Dengan mengangkat tema “Kiat-kiat Menulis Buku”, acara yang diikuti oleh seluruh santri eLKISI tersebut berjalan sangat interaktif. Hal itu tercermin dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para santri kepada pemateri.

Mantan jurnalis Republika itu menerangkan tentang kiat-kiat dalam menulis sebuah buku. Pertama, menentukan tema, kedua membuat daftar isi, ketiga mencari referensi baik di media cetak maupun media online, juga berdiskusi dengan para ahli yang terkait dengan topik kita.Dan yang keempat adalah memulai untuk menulis buku.

“Dalam menulis buku harus menjaga kerutinan, karena ide itu akan terus mengalir jika kita rutin dalam menulis buku. Yang terpenting selain menggunakan akal untuk menulis, jangan lupa berdoa dan sholat tahajud. Bahkan waktu terbaik dalam menulis sebuah buku adalah setelah sholat tahajud karena otak kita masih fresh dan ide-ide banyak mengalir”, imbuhnya.

Sebagai penutup, beliau berharap dari eLKISI ini akan lahir santri-santri yang mempunyai semangat jiwa menulis dan menjadi penulis hebat. [amd]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here