Kepala Kemenag Mojokerto Buka Acara Ujian Terbuka Tahfidh Al Qur’an dan Hadits Ponpes eLKISI

470

Sabtu 24 Februari 2024, Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI Mojokerto dengan bangga mengumumkan pembukaan rangkaian acara Ujian Terbuka Tahfidh Al Qur’an dan Hadits Maudlui yang juga disebut dengan istilah Munaqosyah Maftuhah.

Ujian yang dilaksanakan di Masjid Agung eLKISI ini dibuka langsung oleh Kepala Kementrian Agama Kabupaten Mojokerto Bapak Drs. Moh. Zaeni, S.H., M.Ag. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi tentang adanya kegiatan Munaqosyah Maftuhah ini.“Kita sangat apresiasi, ini adalah media untuk pertanggung jawaban moral dan sosial pondok pesantren eLKISI kepada masyarakat.” Kata Zaeni.

Kegiatan Ujian ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 24 Februari hingga 4 Maret 2024. Peserta ujian yaitu santri kelas IX SMP dan kelas XII SMA sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir Semester Genap tahun ajaran 2023-2024.

Direktur sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren eLKISI KH. Fathur Rohman dalam sambutannya mengungkapkan kegembiraannya terhadap kegiatan ini, sambil menyatakan, “Acara Ujian Terbuka ini merupakan tradisi pondok untuk santri Kelas IX dan XII, kalau mau lulus harus siap diuji secara terbuka dengan siapapun pengujinya harus siap secara mental untuk nantinya melaksanakan tugas-tugas dakwah ditengah-tengah masyarakat.”

Dalam ujian ini santri kelas IX harus mampu menuntaskan target hafalannya yaitu 300 hadits maudlu’i plus 2 jus Al Qur’an dan santri kelas XII harus menuntaskan 420 hadits Umdatul Ahkam plus 5 juz AL Qur’an. (jo)