Santri eLKISI Kembangkan Ketrampilan Komunikasi dan Menulis Melalui Jurnalistik

927

Mojokerto, 19 Februari 2024. Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI mengadakan program latihan jurnalistik yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan menulis santri. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dunia jurnalistik dan membantu santri dalam mengekspresikan ide dan gagasan mereka dengan lebih efektif.

Dalam program ini, para santri diajak untuk mempelajari prinsip-prinsip dasar jurnalistik, termasuk cara melakukan wawancara, menulis berita, serta etika dalam penulisan dan pelaporan. Mereka juga diberikan pengalaman langsung dalam melakukan liputan acara-acara di sekolah, seperti kegiatan ekstrakurikuler, seminar, dan pertandingan olahraga.

Salah satu santri yang berpartisipasi dalam program ini, Khanza, mengatakan bahwa dia sangat menikmati pengalaman tersebut. “Saya selalu tertarik dengan dunia jurnalistik, dan program ini memberi saya kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang itu. Saya belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik dalam wawancara dan bagaimana menyusun artikel berita yang informatif,” katanya.

Guru pembimbing program, Ustadz Nuim Hidayat asal Depok Jawa Barat sekaligus mantan wartawan senior, menyatakan bahwa tujuan utama dari program ini adalah untuk membantu santri mengembangkan keterampilan komunikasi yang akan berguna bagi mereka di masa depan, baik dalam karir maupun kehidupan sehari-hari. “Kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan akurat adalah keterampilan yang sangat berharga. Melalui program ini, kami berharap dapat membantu santri menjadi komunikator yang lebih efektif,” ujarnya.

Selain memberikan pemahaman tentang dunia jurnalistik, program ini juga diharapkan dapat memicu minat santri untuk terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan media dan komunikasi. Dengan demikian, mereka dapat mengembangkan bakat mereka lebih lanjut dan mempertimbangkan karir di bidang tersebut di masa depan. (jo)