“Santri Ponpes eLKISI Taklukkan Gunung Penanggungan: Petualangan dan Pembelajaran di Puncak”

172
Santri Ponpes eLKISI Mendaki Gunung Penanggungan

Semangat tinggi dan tekad kuat mewarnai perjalanan para santri kelas 11 Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI dalam mendaki Gunung Penanggungan. Kegiatan pendakian ini diselenggarakan sebagai bagian dari program kenaikan tingkat laksana ekstrakurikuler pramuka.

Pendakian yang berlangsung selama dua hari satu malam ini dimulai pada hari Rabu, 30 Mei 2024. Sebanyak 40 santri berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, didampingi oleh beberapa ustadz dan pembina pramuka. Gunung Penanggungan, yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur, dipilih sebagai lokasi karena selain memiliki medan yang menantang, juga menyimpan nilai sejarah dan spiritual yang mendalam.

Para santri memulai perjalanan dari basecamp di Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, dengan semangat yang menggebu. Setelah melewati medan yang bervariasi, mulai dari jalan setapak yang landai hingga tanjakan terjal berbatu, akhirnya mereka berhasil mencapai puncak pada Kamis pagi.

“Alhamdulillah, seluruh santri berhasil mencapai puncak Gunung Penanggungan dengan selamat. Ini bukan hanya tentang fisik, tetapi juga mental dan spiritual. Mereka belajar tentang kerjasama, ketekunan, dan keagungan ciptaan Allah SWT,” ujar Ustadz Alfin, salah satu pendamping kegiatan.

Kegiatan pendakian ini juga diisi dengan berbagai acara seperti tadabur alam, sholat berjamaah di puncak, serta sesi sharing dan refleksi. Para santri juga diajak untuk menjaga kebersihan gunung dengan memungut sampah di sepanjang jalur pendakian.

Salah satu santri, Baihaqi (17), mengungkapkan kebahagiaannya setelah berhasil menaklukkan puncak Gunung Penanggungan. “Ini adalah pengalaman pertama saya mendaki gunung. Rasanya sangat luar biasa bisa melihat keindahan alam dari puncak dan merasakan kebersamaan dengan teman-teman. Saya belajar banyak hal, terutama tentang kesabaran dan kerjasama.”

Kepala Kepesantrenan Ponpes eLKISI, Ustadz Arief Setyawan, menyampaikan apresiasi atas keberhasilan kegiatan ini. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat membentuk karakter santri yang kuat, mandiri, dan memiliki rasa cinta terhadap alam. Insya Allah, pengalaman ini akan menjadi kenangan berharga dan pelajaran hidup bagi mereka.”

Pendakian Gunung Penanggungan oleh santri kelas 11 Ponpes eLKISI ini diharapkan menjadi awal dari berbagai kegiatan positif lainnya yang akan terus dikembangkan oleh pondok pesantren dalam rangka mencetak generasi muda yang tangguh dan berakhlak mulia. (jo)