Ujian Syahadah, Salah Satu Syarat Kelulusan Santri Pesantren Internasional Azhari

300
Santri Kelas XII Azari ikuti ujian syahadah

Para santri Pesantren Internasional Azhari Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI menjalani ujian syahadah sebagai salah satu syarat kelulusan mereka. Ujian yang diadakan mulai tanggal 20 sampai 30 mei 2024 ini diikuti oleh seluruh santri kelas 9 dan 12.

Materi ujian syahadah kali ini mencakup Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab. Proses ujian ini menjadi puncak dari rangkaian pembelajaran intensif yang telah dijalani para santri di pesantren internasional azhari.

Ustadz Ahmad Dzulkifli, Lc selaku pengajar di pesantren internasional azhari menjelaskan pentingnya ujian syahadah dalam menilai kesiapan santri untuk terjun ke masyarakat. “Ujian syahadah bukan hanya tentang kemampuan akademis, tetapi juga tentang integritas dan akhlak. Kami ingin memastikan bahwa santri yang lulus dari pesantren ini siap menjadi teladan di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Salah satu santri, Billy Putra Hadi, berbagi pengalamannya dalam menghadapi ujian syahadah ini. “Ujian ini sangat menantang, tetapi juga menguatkan iman dan pemahaman saya. Saya merasa lebih siap untuk mengamalkan ilmu yang telah saya pelajari,” ujarnya.

Dengan adanya ujian syahadah ini, Pondok Pesantren eLKISI berkomitmen untuk terus mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam iman dan berakhlak mulia, siap menjadi penerus dakwah Islam di tengah masyarakat. (jo)